Monday, November 12, 2012

Tips Merawat Vagina Setelah Melahirkan (Perawatan Pasca Melahirkan)

Tips Merawat Vagina Setelah Melahirkan (Perawatan Pasca Melahirkan)
Tips Merawat Vagina Setelah Melahirkan (Perawatan Pasca Melahirkan) - Cara merawat vagina sesudah melahirkan tentu berbeda dari sebelum masa persalinan.  Tips perawatan vagina berikut ini bisa membantu Anda bila mengalami rasa nyeri pada vagina.  Sebab, membutuhkan proses yang cukup lama untuk pemulihan. Apa sebenarnya yang terjadi pada vagina usai melahirkan?  Simak penjelasannya berikut ini.

Vagina terasa sakit

Bila pasca melahirkan Anda mengalami episiotomi atau robekan pada bagian vagina, luka ini tentu akan sangat mengganggu selama beberapa minggu.  Terutama ketika berjalan ataupun duduk.  Sedangkan untuk masa penyembuhan, lakukanlah hal berikut ini:
 
1 . Menenangkan luka.  Anda bisa memakai kompres es, atau bungkus dalam kain lap.
2 .Bersihkan luka.  Gunakan botol semprot yang diisi dengan air untuk membilas jaringan antara lubang vagina dan anus sesudah menggunakan toilet.  Lalu berendamlah dalam bak hangat.
3 .Pilih air hangat untuk buang air kecil.  Pada bagian vulva Anda, siram secara perlahan dengan air hangat dan usahakan dengan keadaan jongkok.
4 .Duduk dengan berhati-hati.  Agar Anda tidak mengalami peregangan, usakahan tetap rapat pada bagian bokong ketika duduk.  Bila merasakan tidak nyaman sewaktu duduk, gunakan bantal berbentuk donat untuk mengurangi tekanan.

    Lakukan latihan Kegel.  Latihan ini berguna untuk membantu otot dasar panggul dan bisa mengencangkan otot panggul.  Lakukan ini beberapa hari pasca melahirkan.  Di waktu senggang, cobalah selama lima detik, lakukan empat sampai lima kali berturut-turut setiap hari. Cari tahu tanda-tanda infeksi.  Bila rasa sakit atau luka menjadi infeksi seperti rasa panas, bengkak juga nyeri dan bahkan menjadi nanah, konsultasikan segera ke dokter. Ingat selalu untuk jangan menyepelekan masalah kesehatan vagina baik pasca melahirkan ataupun sehari-hari.
Tips Merawat Vagina Setelah Melahirkan (Perawatan Pasca Melahirkan)

0 comment:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India